Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Merawat CD atau DVD Agar Tetap Awet

11 October 2023 | 05:23 WIB Last Updated 2023-10-11T08:58:48Z

Kebanyakan orang pengguna Komputer maupun Laptop tentu tau mengenai media penyimpanan CD/DVD. CD/DVD memang sering digunakan untuk penyimpanan file yang bersifat read only, seperti: backup data, penyimpanan musik, video dan lain sebagainya. Namun seperti yang Kita tau, CD/DVD memang tidaklah awet digunakan apabila Kita tidak merawatnya. Pada dasarnya merawat CD/DVD memang susah-susah gampang, tergantung Kita merawatnya. Untuk melindungi supaya permukaan CD/DVD tetap mulus dan tidak mudah tergores, berikut tips merawat CD/DVD agar tetap awet digunakan.
  1. Ketika membersihkan CD/DVD, usahakan jangan memegang kaset secara langsung namun penganglah tepat ditengah lubang. 
  2. Tidak menulis atau membuat label kaset dengan alat tulis berujung runcing pada permukaan CD/DVD.
  3. Jangan mencuci CD/DVD dengan menggunakan air biasa atau air sabun, Anda bisa membersihkan menggunakan blower atau tisu yang lembut. Bersihkan CD/DVD dengan pembersih khusus CD/DVD dan usap secara perlahan dari arah dalam ke arah luar dan jangan membersihkan dengan gerakan memutar CD/DVD.
  4. Jauhkan  dari sinar matahari secara langsung karena hal tersebut bisa menghilangkan data yang tersimpan pada CD/DVD.
  5. Simpan CD/DVD menggunakan CD Holder maupun tempat pembungkus khusus CD/DVD dan simpan di tempat yang sejuk dan kering (tidak lembab) antara 4 sampai 20 derajat celcius.
Itulah beberapa tips jitu agar CD/DVD tetap awet gunakan. Pada dasarnya CD/DVD akan tetap awet digunakan jika Anda merawat dan menyimpannya dengan baik. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment