Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Sederhana Menjadi Seorang Web Desainer

11 October 2023 | 05:24 WIB Last Updated 2023-10-11T08:58:32Z

Berbicara mengenai web desainer, maka jelas pekerjaannya adalah membuat desain sebuah website. Tetapi banyak juga orang yang beranggapan bahwa menjadi seorang web desainer itu mudah, hanya bermodalkan dengan bisa photoshop dan HTML sudah bisa menjadi web desainer. Tidak semua anggapan itu benar adanya, karena menjadi seorang web desainer tidaklah mudah karena banyak hal yang perlu dipelajari. Berikut ini tips menjadi seorang web desainer:

1. Banyak belajar
Dalam proses belajar akan banyak hambatan yang akan dilalui oleh setiap orang. Perasaan bosan dan kurang ada kemajuan dari apa yang telah dipelajari kerap menjadi musuh utama saat proses belajar. Begitu pula proses belajar menjadi web desainer tentu akan memakan waktu lama untuk dapat menjadi seorang web desainer yang hebat. Menjadi seorang web desainer harus banyak belajar dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai website.

2. Mengerti kode etik desainer
Sebagai seorang desainer yang propesianal, harus mengerti peraturan-peraturan dalam mendesain suatu website. Setiap desain yang dibuat hindarilah desain yang menyinggung isu SARA (Suku, Ras, dan Agama), hal demikian sangatlah dilarang karena akan dapat menyinggung seseorang atau kelompok tertentu. Membuat desain website dapat dilakukan sendiri atau dapat mengambil konsep desain orang lain yang memilki licensi gratis atau ijin dari pihak terkait. Selain itu dalam pengambilan sebuah gambar juga perlu memiliki ijin dari pemilik gambar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menguasai bahasa pemrograman

Untuk dapat mendesain website yang terbaik, kita wajib menguasai bahasa pemrograman website sepeti PHP, HTML, Javascript dan CSS. Menguasai sebuah bahasa pemrograman bukanlah hal yang mudah, tapi yang pasti semua orang bisa mempelajarinya jika memiliki kemauan untuk terus belajar. Tujuan mempelajari bahasa pemrograman adalah untuk mempermudah dalam menjalankan perintah serangkaian kode program tertentu sesuai dengan keinginan program atau programer.

4. Dapat mendesain gambar
Desain gambar merupakan hal terpenting dalam membuat website karena sebagian dari tampilan website berupa gambar seperti logo, favicon, header, gambar post dan lainya. Mendesain gambar kita dapat menggunakan software, seperti photoshop, GIMP, Coral Draw, Inscape dan lainya. Mendesain gambar tidaklah mudah, karena perlu menguasai aplikasi yang mendukung dalam mendesain agar menghasilkan desain gambar yang diinginkan.

5. Memiliki daya imajinasi dan kreasi
Untuk mendapatkan imajinasi dalam membuat sebuah website kita perlu untuk melihat contoh website yang menarik agar bisa didapat inspirasi untuk membuat website. Banyak contoh tampilan website yang keren, menarik dan unik yang dapat kita jadikan referensi dan sarana belajar yang dapat temukan dengan cara browsing di internet.
Kita juga dapat menambah wawasan dengan membaca buku atau e-book yang berkaitan dengan desainer website.

Menjadi seorang web desainer harus memiliki kemampuan dan imajinasi yang tinggi untuk menghasilkan desain website yang terbaik. Agar segalanya semakin mudah untuk dilakukan Anda disarankan perbanyak untuk belajar, membaca buku, dan mencari iformasi untuk menambah pengetahuan. Dengan begitu anda bisa menjadi seorang desainer website yang hebat. Sampai disini pembahasan ini, Semoga Anda bisa menjadi seorang web desainer yang hebat.

No comments:

Post a Comment