Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Memperkuat Sinyal Handphone Android

11 October 2023 | 05:25 WIB Last Updated 2023-10-11T08:58:25Z


Ketika menggunakan Handphone, pernahkah Anda mengalami kesulitan mendapatkan sinyal? Hal ini bisa terjadi ketika Anda berada pada tempat yang jauh dari jangkauan tower pemancar sinyal atau disebabkan karena operator sedang mengalami gangguan. Sinyal yang kuat dan bagus memang menjadi prioritas utama bagi pengguna handphone. Perlu diketahui bahwa kekuatan sinyal tergantung dari perangkat Anda, operator seluler yang digunakan dan lokasi untuk mengakses jaringan. Di beberapa daerah pedesaan, pegunungan dan daerah yang jauh dari tower pemancar, akan sulit untuk mendapatkan sinyal. Karena untuk mendapatkan sinyal yang baik perlu adanya keberadaan pemancar dari operator jaringan agar sinyal dapat diterima secara optimal. Bila pada daerah di mana Anda berlokasi telah tersedia pemancar dari operator jaringan dengan kualitas sinyal yang memadai tetapi sinyal yang diterima pada handphone Anda kurang baik, maka ada kemungkinan masalah terjadi pada handphone Anda. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk memperbaiki kualitas sinyal yang diterima pada handphone Anda:

1. Pemilihan jaringan yang tepat
Pilih jaringan yang tepat pada handphone Anda dengan cara memilih setting jaringan dengan menekan *#*#4636#*#* maka akan tampil Phone Information Network. Kemudian pilih jaringan yang ingin digunakan, seperti: GSM only, WCDMA only, GSM auto(PRL), CDMA auto(PRL), CDMA only, EvDo Only, GSM/CDMA auto(PRL) atau lain sebagainya. Untuk mendapatkan sinyal 3G yang stabil pada Android, pilih jaringan WCDMA only. Namun jika sinyal 3G tidak tersedia di daerah Anda, pilih jaringan 2G/EGDE. Setting jaringan ini dilakukan dengan menggunakan Smartphone Android. Pada perangkat non Android cara setting jaringannya berbeda-beda tergantung dari tipe handphone.

2. Anda dapat merefresh jaringan

Bila tida terdapat sinyal, Anda dapat merefresh koneksi jaringan dengan mematikan koneksi ke jaringan, kemudian menyalakan kembali. Caranya tekan tombol power dan tahan sampai muncul pilihan menu mode Pesawat/Airplane dan pilih mode tersebut. Setelah handphone Anda berada di mode Pesawat/Airplane, Anda dapat mengaktifkan kembali ke mode Normal dengan mematikan mode Pesawat/Airplane. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi ulang handphone Anda ke jaringan dan diharapkan untuk mendapatkan sinyal 3G yang lebih baik. Bila masih tidak terdapat sinyal, coba untuk merestart Handphone yang Anda gunakan.

3. Gunakan aplikasi penguat sinyal
Install aplikasi tambahan untuk membantu stabilitas koneksi handphone Anda ke jaringan. Silahkan masuk ke dalam apps market, seperti: Apps Store, Play Store, Ovi Store atau lain sebagainya. Anda dapat menggunakan aplikasi resmi yang dapat berfungsi untuk membantu konektifitas handphone Anda ke jaringan, seperti WiFi Booster Easy Connect, Network Booster Free, Network Signal Speed Booster, Open Signal Maps, WiFi Overview 360, Network Signal Info atau lain sebagainya.

Anda juga perlu ingat, bahwa cara untuk setting jaringan pada setiap handphone berbeda-beda tergantung tipe dari handphone tersebut. Kami mencoba mencontohkan setting jaringan menggunakan salah satu perangkat Android kami. Semoga apa yang kami contohkan sesuai dengan cara setting pada perangkat Anda.

No comments:

Post a Comment