Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Sederhana Memperbaiki Flashdisk Rusak

11 October 2023 | 05:22 WIB Last Updated 2023-10-11T08:58:56Z

Pada dasarnya Flashdisk merupakan perangkat penyimpanan data portable yang perlu dimiliki. Hal ini karena peran Flashdisk sangatlah penting bagi pengguna yang ingin menyimpan data sementara. Kebutuhan Flashdisk memang tidak hanya  bagi mereka yang berkutat dengan media elektronik saja namun kalangan pelajar dan mahasiswa tentu ada yang menggunakan Flashdisk sebagai alat bantu penyimpanan. Ketika Flashdisk yang digunakan mengalami masalah atau mengalami kerusakan, hal tersebut tentu menyebabkan Kita merasa kesal karena Kita ingin menggunakan data yang tersimpan pada Flashdisk. Berikut ini beberapa cara sedehana memperbaiki Flashdisk rusak.

1. Perbaiki Flashdisk melalui compmgmt

Anda dapat memperbaiki sistem Flashdisk dengan menyambungkan Flashdisk ke port USB di Komputer maupun Laptop. Selanjutnya Anda dapat memilih menu Start > ketik Run > pilih Enter dan ketik "compmgmt.msc" > pilih Storage > Disk Management. Bila langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar maka Flashdisk akan kembali terdeteksi. Bila telah terdeteksi selanjutnya pilih menu Create Partition dan format Flashdisk. Namun yang perlu diingat, jika Anda memformat Flashdisk maka data yang tersimpan akan otomatis hilang.

2. Perbaiki Flashdisk melalui control panel
Bila cara pertama tidak efektif, Anda dapat menggunakan cara kedua. Anda dapat memilih menu Control Panel > Add Hardware > Next > pilih "Yes, I have already connected the hardware". Bila Flashdisk telah terdeteksi maka akan muncul menu Autorun serta pernyataan bahwa USB flashdisk telah mendukung koneksi dan muncul juga menu Removable Hardware pada system tray.

3. Perbaiki Flashdisk menggunakan software tambahan
Bila kedua cara di atas masih kurang efektif, Anda dapat menggunakan software tambahan salah satunya adalah HDDGURU Low Level Format . Buka software dengan cara klik kanan dan pilih Run As Administrator > pilih USB > pilih Continue. Jika proses perbaikan telah selesai maka Anda bisa melakukan format ulang Flashdisk seperti biasa.

Jika cara di atas masih tidak bisa memperbaiki Flashdisk Anda, kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen Flashdisk Anda. Selalu jaga dan rawat Flashdisk Anda agar tidak mudah rusak. Bila telah selesai menggunakan Flashdisk sebaiknya pilih Safely Remove Hardware atau Eject. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment