Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tanda-tanda Baterai Smartphone Perlu Diganti Baru

11 October 2023 | 05:28 WIB Last Updated 2023-10-10T22:29:08Z



Bila Smartphone telah cukup lama digunakan bahkan hingga bertahun-tahun, terkadang terdapat beberapa komponen yang mulai bermasalah. Salah satu komponen Smartphone yang terkadang bermasalah adalah baterai. Baterai terkadang mudah habis ketika digunakan, padahal penggunaannya hanya sebentar. Baterai mudah habis disebabkan karena proses pengisian daya baterai yang salah dan juga penggunaannya dengan intensitas tinggi. Fungsi baterai memang sangat penting pada Smartphone, tanpa adanya baterai maka Smartphone tidak dapat digunakan. Untuk itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri baterai Smartphone yang layak untuk diganti, berikut penjelasannya.

1. Daya baterai mudah habis
Baterai mudah habis disebabkan karena sistem operasi yang berjalan, koneksi WiFi, aplikasi yang digunakan dan lain sebagainya. Ketika mengisi baterai, terkadang baru sebentar mengisi daya baterai namun baterai cepat terisi penuh. Ketika Smartphone digunakan sebantar, ternyata ada pemberitahuan bahwa baterai lemah. Bila hal tersebut terjadi, bisa jadi terdapat permasalah pada baterai.

2. Baterai mudah panas
Ketika sedang menggunakan aplikasi, game atau yang lainnya, terkadang Kita merasa Smartphone terasa panas ketika digenggam. Hal tersebut memang wajar terjadi karena saat aplikasi digunakan maka CPU beroperasi atau berjalan. Namun jika Smartphone tidak digunakan, tetapi Smartphone tetap panas berarti ada yang tidak beres pada baterai.

3. Baterai mengembang
Jika baterai terus mengalami panas berlebih, hal ini menyebabkan baterai mengembang. Selain itu, pengisian daya baterai yang berlebihan dapat menyebabkan baterai mengembang. Bila baterai telah mengembang, tentu penyimpanan daya baterai menjadi tidak optimal sehingga baterai mudah habis. Terkadang ketika menutup bagian belakang Smartphone, Kita mengalami kesulitan karena kondisi baterai yang mengembang.

Bila ciri-ciri di atas terjadi pada baterai Smartphone, bisa jadi baterai mengalami kerusakan. Jika baterai memang tidak dapat digunakan kembali atau tidak optimal saat digunakan maka Anda perlu membeli baterai yang baru. Ketika telah memiliki baterai yang baru, gunakan baterai dengan benar sehingga tetap awet digunakan.

No comments:

Post a Comment