Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Apakah Menggunakan Gadget Bisa Menyebabkan Cepat Tua?

11 October 2023 | 05:22 WIB Last Updated 2023-10-11T08:59:11Z

Apakah menggunakan gadget dapat menyebabkan Kita cepat tua?. Pertanyaan tersebut memang sering terlintas dalam benak Kita. Pada dasarnya Gadget memiliki banyak manfaat untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Namun siapa sangka, ternyata dengan hadirnya perangkat Gadget dapat menyebabkan pengguna cepat tua bila sering menggunakannya. Sesuai dengan informasi yang dilansir dari laman Huffington Post pada jumat (10/04/2015) menyatakan bahwa ada 4 penyebab dari penggunaan perangkat elektronik atau perangkat Gadget dapat membuat penggunanya berpotensi mengalami siklus penuaan lebih cepat dari seharusnya. Berikut ini 4 penyebab seseorang bisa cepat tua ketika sering menggunakan Gadget.

1. Kurang tidur
Ketika sering menggunakan Gadget, terkadang Kita sering kurang tidur karena Kita sering menggunakan Gadget saat sebelum tidur. Kebiasaan ini memang sering dilakukan oleh pengguna Gadget atau Smartphone. Ketika telah asik menggunakan Smartphone, terkadang Kita sering lupa waktu sehingga menyebabkan kurang tidur. Ketika kekurangan tidur maka badan akan terasa kurang nyaman, lemah, lesu dan sering ngantuk. Kondisi tersebut yang mengakibatkan muncul lingkaran hitam pada mata dan garis halus pada kulit Kita.

2. Sering menunduk
Ketika menggunakan Smartphone, terkadang padangan mengarah dan terfokus pada Smartphone sehingga tak jarang Kita sering menunduk. Jika hal tersebut terus menerus dilakukan maka lama kelamaan akan menyebabkan masalah pada postur tubuh Anda dan bahkan hal tersebut dapat meningkatkan resiko stress.

3. Masalah pada mata
Ketika menggunakan Smartphone, terkadang padangan terus terfokus dan jarang berkedip. Kurang berkedip dengan jumlah yang tidak normal menimbulkan permasalahan pada mata, misalnya: mata kering, pandangan kabur, mata merah hingga sakit kepala. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda, lebih baik Anda sering untuk mengedipkan mata sejenak ketika menggunakan Smatphone.

4. Daya ingat menurun
Ketika sering menggunakan Gadget dapat mempengaruhi pada memori atau daya ingat. Hal tersebut terjadi karena Kita sering menggunakan Gadget untuk membuat segalanya lebih mudah. Contoh sederhana saja, ketika jaman dahulu Kita sering menghitung secara manual namun kini Kita sering menggunakan Smartphone untuk alat bantu hitung. Kondisi tersebut yang membuat daya ingat Kita semakin menurun walaupun belum lanjut usia.

Dari penjelasan di atas, Kita dapat menyimpulkan bahwa menggunakan Gadget bisa juga menyebabkan Kita cepat tua. Namun hal tersebut dapat terjadi bila Kita menggunakan Gadget secara berlebihan, untuk itu gunakan Gadget sewajarnya. Selalu jaga kesehatan Anda dan utamakan untuk sering beristirahat secukupnya agar badan sehat.

No comments:

Post a Comment