Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Sederhana Mempercepat Kinerja Smartphone Android

11 October 2023 | 05:25 WIB Last Updated 2023-10-11T08:58:11Z


Ketika Smartphone semakin lama digunakan maka semakin menurun pula performa Smartphone tersebut. Besarnya RAM tidak menjamin bahwa Smartphone Android tidak akan mengalami masalah. Pemakaian Smartphone Android yang tidak hati-hati dapat menyebabkan Smartphone menjadi lambat, contohnya: penggunaan aplikasi yang berlebihan, penggunaan aplikasi bajakan, terkena virus atau lain sebagainya. Hal ini akan menyebabkan loading yang cukup lama bila membuka aplikasi atau pengetikan pesan yang tersendat-sendat. Masalah ini akan cukup mengganggu Anda, berikut ini kami akan jelaskan solusi yang tepat untuk mempercepat kinerja Smartphone Android Anda:

1. Usahakan hapus aplikasi yang tidak digunakan

Cara mempercepat kinerja Smartphone Android adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau tak terpakai sama sekali. Aplikasi yang tidak terlalu diperlukan justru membebani kinerja Smartphone Android. Perlu diingat, secanggih apapun sistem operasi yang digunakan, perangkat Android memiliki batasan kapasitas memory. Semua aplikasi yang terinstal akan menggunakan sebagian dari memory. Jika perangkat kehabisan memory maka aplikasi akan susah untuk bekerja dan kinerja akan menurun secara drastis. Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, maka akan membantu meringankan beban kerja Smartphone Android.

2. Update aplikasi dan sistem operasi seperlunya
Sebelumnya perlu diingat bahwa secara umum OS dan aplikasi versi baru membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar karena disertai fitur baru. Hal ini tentunya memberatkan kinerja smartphone Anda. Namun OS dan aplikasi versi lama Anda mungkin mengandung bug(kesalahan pemrograman) yang membuat OS atau aplikasi membebani kinerja smartphone secara berlebih. Anda perlu memperbaharui OS atau aplikasi bila ada perbaikan bug yang ditujukan untuk memperbaiki kinerja smartphone. Untuk memperbaharui sistem operasi perangkat Mobile Anda bisa masuk ke Pengaturan > Tentang Perangkat > Update Software.


3. Hapus cache
Dengan banyaknya aplikasi yang digunakan akan menambahkan cache yang dapat memperlambat kinerja Smartphone. Untuk membersihkan cache, kita bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi dan kemudian hapus cache. Namun bila ingin menghapus secara keseluruhan, Anda bisa masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > Data cache.

4. Memindahkan memori internal
Kapasitas memori internal yang penuh berpengaruh besar pada lambatnya kinerja smartphone. Untuk mengatasinya, Anda bisa memindahkan media(foto, video, musik dan sebagainya) ke memori eksternal. Memori internal yang lapang akan memungkinkan kinerja Smartphone Android meningkat kembali.

5. Matikan live wallpaper
Menggunakan live wallpaper dan widget memang terlihat keren, namun bila terlalu banyak proses yang menumpuk akan memperlambat proses kinerja smartphone Anda. Lebih baik menggunakan wallpaper statis karena lebih ringan dan tidak menggunakan kapasitas RAM terlalu besar.

6. Install aplikasi tambahan
Untuk meningkatkan kinerja Smartphone Android, perlu adanya aplikasi yang berguna untuk membersihkan file-file sampah yang tidak berguna. Aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk membersihkan file-file sampah dan cache, seperti Clean Master, DU Speed Booster, Auto Task Killer atau lain sebagainya.

Semakin lama smartphone digunakan maka semakin menurun pula performa smartphone tersebut. Untuk itu perlu adanya perawatan yang terbaik agar smartphone tetap nyaman untuk digunakan. Demikian informasi mengenai tips mempercepat kinerja Smartphone Android, Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment