Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Mengetahui Smartphone Terkena Virus

11 October 2023 | 05:25 WIB Last Updated 2023-10-11T08:57:32Z

Saat ini pengguna Smartphone tiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini yang memicu munculnya berbagai jenis virus atau Malware berbahaya yang dibuat oleh pelaku kejahatan. Berbagai macam jenis virus yang dapat mencuri data, menggunakan jaringan internet sampai membuat kinerja Smartphone menurun. Virus atau Malware biasanya menggunakan berbagai cara untuk bersembunyi pada program lain agar tidak diketahui oleh pengguna android. Namun, pengguna Android tidak perlu khawatir karena kehadiran serangan virus dapat kita ketahui. Berikut akan kami jelaskan tips Smartphone yang terkena virus:

1. Smartphone sering restart
Smartphone mengalami Hang dan mati secara tiba-tiba saat menelpon, bermain game atau membuka fitur lainnya. Hal ini bisa disebabkan oleh daya baterai melemah, jaringan telepon terganggu dan penggunaan aplikasi berlebihan. Namun jika penyebabnya bukan berasal seperti pada contoh di atas, maka dapat dipastikan Smartphone Anda terkena virus.

2. Data sering hilang
Kita dapat mengenali Smartphone yang terkena virus, seperti seringnya data menghilang tanpa disadari pengguna. Sebenarnya data masih terdapat pada Smartphone, namun tidak dapat terlihat karena atribut file tersebut telah dirubah oleh virus menjadi Hidden dan Protected by Operating System. Selain itu, virus juga bisa merusak data sehingga file tidak dapat untuk dibuka kembali.

3. Kinerja Smartphone semakin melambat
Memiliki Smartphone adalah sebuah kesenangan tersendiri. Namun bila Smartphone yang digunakan tiba-tiba mengalami penurunan kinerja, tentu akan membuat Anda kesal. Hal ini bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang sudah Anda install sehingga membuat kinerja Smartphone melambat. Tetapi bila aplikasi tidak ditambahkan dan kinerja menurun secara tiba-tiba, maka bisa dipastikan bahwa Smartphone terkena virus.

4. Pemakaian volume Data jaringan internet berlebihan
Virus sering download iklan-iklan ke perangkat Android sehingga menyebabkan penggunaan volume data internet membengkak. Hal ini yang sering menjadi masalah serius bagi pengguna Android karena akan membuat volume paket data internet akan cepat habis.

5. Baterai menjadi boros
Banyak yang mengganggap bahwa Smartphone yang boros baterai itu karena menurunnya performa baterai. Namun, anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena bisa jadi baterai boros disebabkan virus yang secara terus menerus melakukan download iklan yang membuat baterai menjadi cepat habis.

Smartphone Android memang sering menjadi target utama para pelaku Cyber Crime karena pesatnya pertumbuhan pengguna Android saat ini. Untuk menghindari hal tersebut, Anda disarankan untuk bisa mengetahui ciri-ciri Smartphone yang terkena virus agar bisa cepat untuk memperbaikinya.

No comments:

Post a Comment